photo Yamaha_logoSmall_zpsbd1f3aa1.png

Cara Unik BAF JOGJA Memaknai Hari Pelanggan Nasional !


 
 Bapak Agus Hery bersama staff dan pengelola panti berfoto bersama


Guys,
4 September. Peter F. Drucker di awal tahun 50-an, sudah mengingatkan kepada praktisi bisnis di seluruh dunia bahwa “the purpose of any business is to create customer” kalau diterjemahkan kedalam bahasa Yogyakarta kurang lebihnya adalah "Tujuan dari setiap bisnis adalah untuk menciptakan pelanggan"

Menciptakan pelanggan ? yah, tujuan akhir sebuah bisnis adalah adanya masyarakat yang menikmati produk dari apapun bisnisnya. Dan inillah yang dinamakan pelanggan. “Pelanggan memiliki pesona yang luar biasa. Perilakunya menyimpan banyak misteri. Itulah sebabnya, memikirkan pelanggan, adalah pekerjaan yang tiada akhir bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis” demikian sepatah kata Handi Irawan D,  CEO Frontier Consulting Group, yang juga salah satu penggiat Hari Pelanggan di Indonesia

Bagi perusahaan yang “ingat”, pasti hari ini terasa special karena karena ini adalah tonggak dan moment untuk lebih dekat dan melayani dengan sempurna para pelanggan yang kita miliki. Salah satu perusahaan yang tidak melupakan hari pelanggan tersebut adalah Bussan Auto Finance (BAF) Cabang Yogyakarta. Di bawah komando Bapak Agus Hery selaku Pimpinan Cabang BAF Yogyakarta, Beliau dan segenap staff didukung oleh Yamaha Sumber Baru Motor bersama-sama turun untuk melaksanakan kegiatan bhakti sosial dan kunjungan ke pelanggan BAF-SBM.  

Kami sempat menanyakan kepada beliau,apa sih pentingnya memperingati hari pelanggan ini, Pak Agus?” Pria kelahiran Kudus, yang pernah memimpin BAF Kantor Cabang Jepara ini pun dengan tawa khasnya menjawab.

Lho..mestinya anda sudah tahu dong…kalau saat ini anda bekerja di Sumber Baru Motor dan saya di BAF, menurut anda siapa sebenarnya yang menggaji kita ? Secara tidak langsung adalah pelanggan-pelanggan yang datang ke tempat kita untuk membeli produk dan jasa kita. Tanpa mereka bagaimana perusahaan bisa hidup ?” 

“Kalau anda menanyakan seberapa penting kami di BAF memperingati hari pelanggan, itu karena semata-mata tanggung jawab moral saya, staff saya serta company yang bernama BAF kepada masyarakat terutama yang akan menjadi pelanggan maupun yang sudah menjadi pelanggan kita. Sebenarnya pelanggan yang telah memberikan napas dan kehidupan setiap bisnis yang ada, tak terkecuali BAF. Sehingga sanggat tidak rasional kalau kita menutup mata pada hari ini dan melupakannya.” Sambung beliau 

“Apa peringatan ini dilakasanakan atas inisiatif Bapak sendiri atau memang sudah menjadi kebijakan nasional BAF ?Tanya kami lagi.

“Tentu saja ini manifestasi dari kebijakan nasional BAF. Secara korporate,Kebijakan dasar BAF sudah pasti dengan meletakkan dasar-dasar bisnis pada 3P yakni Profit-People-Planet. Dan ini adalah kompleksitas yang kait mengkait ‘gak bisa terpisahkan dalam realita bisnis secara horizontal saat ini. Secara singkat,  Profit (laba) merupakan hal yang harus diperjuangkan oleh perusahaan, akan tetapi People (orang/masyarakat) dan Planet (bumi/lingkungan) tidaklah boleh diabaikan.

“So, Kegiatan apa saja dilakukan kaitannya dengan peringatan hari pelanggan nasional ini oleh Pak Agus beserta Staff BAF Yogyakarta ?” tanya kami kembali.

“Tahun ini, BAF Jogja memperingatinya Hari pelanggan Nasional  yang diselaraskan dengan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) yakni dengan melakukan kegiatan Bhakti  Sosial dan sumbangan ke Panti Asuhan Gotong Royong yang beralamatkan di Nitren, Jaranan Panggung harjo, Sewon Bantul. Panti asuhan ini menjadi tempat kunjungan kami karena pengelola panti, Ibu Supriati,  merupakan pelanggan loyal dan setia BAF dan juga Sumber Baru Dongkelan sejak tahun 1980-an dan telah melakukan pembelian Yamaha bersama BAF sebanyak 5X. Selain penyerahan bingkisan kepada anak-anak yatim kami juga melakukan pengecatan fasilitas panti dan lain sebagainya. 

Dan spesialnya lagi, kebetulan di Bulan September ini juga merupakan "September Ceria" Bagi kami karena BAF berulang Tahun. Jadi apa yang kami lakukan ini sekaligus dalam rangka Ulang Tahun Baf dan komitmen untuk berbagi.

Oh ya, kami mengucapkan terima kasih atas Support dari Yamaha Sumber Baru Motor Dongkelan dibawah komanda Bapak Totok selaku Area Manager Area 1 Yogyakarta-Bantul karena telah menerjunkan team dealer untuk membantu kegiatan ini”  Demikian, penjelasan Bapak Agus Hery menutup tanya jawab singkat kami, dan saat kami pamit meninggalkan lokasi, pelaksanaan kegiatan kunjungan panti masih berlangsung"

Guys,
Nampaknya sekelumit pengalaman BAF ini bisa dijadikan wacana dasar, bahwasannya apapun alasannya pelanggan menempati sisi yang sangat penting dalam kegiatan bisnis baik barang maupun jasa. Maka silahkan dijawab sendiri dalam diri anda atas pertanyaan “Hidupkah bisnis kita tanpa pelanggan ?”

Berikut foto-foto dokumentasi pelaksanaan kegiatan bhakti Sosial Bussan Auto Finance Yogyakarta dalam rangka memperingati hari pelanggan nasional.

     
          

   
          

Bapak Totok Area Manager DIY-Bantul "Macul". Awas "Encok Kumat" Ndan....
Bapak Agus Hery "Bermain-main" dengan Cat

          


          

Ibu Supriyati Pengelola Panti bersama anak asuhnya
Mendengar Curahan Hati Pengelola Panti
                    
Team Dealer SBM Dongkelan Lagi "Leyeh-leyeh" Mbak Lidya Kacab Dongkelan Menangis mendengar Cerita Pengelola Panti 


Title : Cara Unik BAF JOGJA Memaknai Hari Pelanggan Nasional !
Description :    Bapak Agus Hery bersama staff dan pengelola panti berfoto bersama Guys, 4 September. Peter F. Drucker di awal tahun 50-an, sud...

0 Response to "Cara Unik BAF JOGJA Memaknai Hari Pelanggan Nasional !"

Post a Comment

KOMENTAR