
Secara sederhana, Customer Relationship Management (CRM) merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan customer secara efektif dan efisien sehingga hubungan tersebut menjadi hubungan yang semakin menguntungkan. CRM masuk dalam kategori metode pemasaran modern.
CRM sangat bertolak belakang dengan Pemasaran tradisional. Letak perbedaannya adalah pada fokusnya, Pemarasaran tradisional lebih fokus pada 4 P ( Product, Price, Place & Promotion ) untuk menaikan market share melalui peningkatan volume penjualan. CRM lebih fokus pada: Strategi, Prosedure, Tool dan teknologi untuk mempromosikan hubungan antara penjual dengan pelanggan yang bertujuan untuk meningkatkan revenue sales & keuntungan melalui meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Yamaha Sumber Baru Motor Group memahami dan menyadari bahwa kepuasan pelanggan menjadi dasar pelaksanaan misi dan visi perusahaan karena pelangganlah yang selama ini menciptakan profit bagi perusahaan.
Pelaksanaan CRM di SBM sudah sedemikian intens. Dalam struktur organisasi besar Holding SBM, department CRM telah berdiri sendiri. Hal ini menunjukkan semangat dan komitment perusahaan dalam rangka lebih meningkatkan kepuasan pelanggan. Dibawah komando Bapak Tikno Soetojo, Manager CRM, Sumber Baru Motor terus berimprovisasi mengembangkan CRM hingga tingkatan yang lebih kecil dari struktur organisasi kemasyarakatan yakni Desa, dimana pelanggan-pelanggan SBM tersebut tinggal.
Komunikasi yang intensif antara Dept. CRM SBM dengan Dept. CRM YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) sebagai principal, menjadikan CRM SBM juga sebagai ujung tombak dalam pencapaian volume penjualan dari bulan ke bulan.
Reported by
Purnomo
Promotion Dept.
Sent by Blackberry Smartphone XL Nyambung Terus………
Title : Sinergisnya CRM YIMM dan CRM SBM
Description : Secara sederhana, Customer Relationship Management (CRM) merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjaga hubungan baik ...
Description : Secara sederhana, Customer Relationship Management (CRM) merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjaga hubungan baik ...
0 Response to "Sinergisnya CRM YIMM dan CRM SBM"
Post a Comment