
Berawal dari perasaan yang tidak tenang akibat suara aneh dari mesin Yamaha Soul GT saya, maka saya tanggal 2 Juli 2012 segera kirim email ke Yamaha Pusat ( contact_center@yamaha-motor.co.id ) berkaitan dengan keluhan saya tersebut.
Keluhan saya tersebut berupa suara treekkk yang berulang mengikuti putaran mesin setelah posisi sepeda motor berjalan 40-50Km/jam dan saat menambah akselerasi di kecepatan tersebut. Pada Service gratis pertama saya sudah menyampaikan hal tersebut dengan dugaan bahwa setelan klep terlalu longgar. tapi di bilang sang mekanik bahwa semua sensor eletronik menunjukkan kondisi mesin baik dan tidak perlu stel klep.
Tapi pikiran saya gak tenaanggg!!! apalagi setelah saya cermati suara tersebut berasal dari bagian tengah mesin, takutnya nanti menjadi masalah besar
akhirnya saya memutuskan kirim email ke Yamaha Pusat untuk memastikan masalah tersebut.
Selanjutnya Rabu tanggal 4 Juli 2012 sudah ada email balasan dari Admin bahwa keluhan saya sudah diterima dan diberikan beberapa analisa dan beberapa kemungkinan yang terjadi pada GT saya. Dan juga saya langsung diminta menyampaikan jadwal rencana datang ke Bengkel resmi Yamaha yang berstatus ACS (Authorized Claim Shop) Jogja untuk bertemu dengan Bapak Anum selaku Service Advisor. Dan ternyata Jum’at siang saya sudah di telpon oleh Yamaha ACS jogja tentang masalah ini. Salut!!!
Hari Sabtu ini sesuai jadwal saya langsung meluncur ke Bengkel resmi Yamaha ACS (Authorized Claim Shop) untuk bertemu bapak Anum, ternyata beliau sedang ke Dealer di Mangkubumi. dan saya ditemui oleh mas Dwi. Setelah menyampaikan keluhan dan kemudian di test ride oleh mas Dwi ternyata memang benar bahwa pada Soul GT saya ada suara yang tidak biasa, dan untuk memastikan sumber suara tersebut pihak ACS Jogja harus melakukan analisa secara lebih mendalam, konsultasi dan melaporkannya ke pusat (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing).
Akhirnya Soul GT saya nginap…
Saya dijanjikan akan segera di beri kabar hasil analisa keluhan saya tersebut. dan mudah-mudahan semua segera beres. saya hanya ingin mesin Soul GT saya halus normal seperti mio series injeksi Yamaha yang lain.
Sebagai seorang konsumen saya menilai bahwa tindakan dari Yamaha untuk segera merespon keluhan adalah sangat bagus dan cepat. dari sisi psikologis membantu meyakinkan konsumen tentang layanan purna jual dari pabrikan yang bersangkutan.
bagaimana perkembangan Soul GT saya ke depan? kita tunggu bersama perkembangannya….
Setiap produsen (ATPM) pasti telah melakukan QC yang ketat pada ribuan produknya, jika terjadi satu hal yang seperti saya alami itu adalah sebuah kewajaran, yang terpenting dari itu semua adalah tanggungjawab dari produsen dengan sosialisasi yang benar tentang tata cara dan proses claim yang tepat agar konsumen merasa tenang serta nyaman membeli/menggunakan produknya
Update :
pada hari Rabu tanggal 11 Juli 2012, saya di telpon dari Yamaha ACS bahwa untuk kasus motor saya diperlukan analisa lebih jauh dengan membuat rekaman suara mesin dan menganalisanya ke Yamaha ACS Semarang. Dan disampaikan juga ke saya bahwa proses analisa suara ini memerlukan waktu yang agak lama untuk diambil kesimpulan penyebabnya. untuk itu jika motor mau saya ambil terlebih dahulu dipersilahkan.
Hwaduh…. nggak lah! saya takutnya nanti malah jadi tambah berisik!!! saya pengennya mesin motor saya itu bersuara normal seperti mio-J series dan GT yang lain. jadi biar saja nginep lagi di Yamaha ACS biar cepat ditindaklanjuti.
11 November Pada Hari Senin pagi tanggal 16 Juli 2012 kemarin, saya di telpon kembali oleh Bapak Dwi dari YACS Sumber Baru Agung Yogyakarta. Intinya bahwa hasil analisa suara mesin dari unit Yamaha Soul GT saya telah keluar dan disimpulkan bahwa pada Soul GT saya ada gejala knocking pada bagian con rod. Untuk itu karena masih dalam masa garansi Yamaha maka bagian tersebut diganti dengan yang baru dan juga saya diundang untuk melihat proses penggantian komponen tersebut pada Senin siang.
Tapi karena saya masih nguli di tempat kerja maka saya baru bisa ke YACS pada sore hari jam 16.10 WIB
Sampai di YACS saya langsung bertemu bapak Dwi dan disampaikan bahwa proses penggantian parts tersebut baru saja selesai. ini bagian yang diganti.
Dari bapak Dwi saya mendapat informasi, biarpun hasil analisa berasal dari bagian Con Rod, tapi dari Yamaha mengganti bagian tersebut lengkap dengan bandul/kruk as-nya. Hal ini bertujuan agar kondisi kruk as tetap balance sesuai standar pabrik.
Saat saya lihat kondisi Con Rod diatas secara fisik masih sangat mulus. akan tetapi saat proses assembling yang dilakukan oleh vendor pemasok komponen tersebut bisa saja terjadi error, bisa dari bagian laher, pen maupun con rod. walau prosentasenya bisa dibilang sangat kecil. (yang kecil ini pas terjadi pada GT saya)
Karena saya datang sendiri akhirnya saya janjian mengambil motor saya pada hari Selasa siang.
Dan Selasa siang (17 Juli 2012) saya mengambil Soul GT saya yang telah pulih kembali dengan suara mesin normal seperti motor baru yang lain.
Ternyata Klaim garansi mesin itu tidak ribet, mudah dan terhitung cepat. asal semua persyaratan terpenuhi dan hasil analisa segera diketahui maka semua akan segera beres!
Terima kasih Yamaha khususnya Yamaha ACS Sumber Baru Motor beserta karyawannya, kepada Bapak Dwi dan para mekanik Beres Yamaha ACS yang dengan sabar dan komunikatif dalam membantu saya sebagai konsumen mendapatkan hak-nya. Terima kasih….. semoga kedepan pelayanan semakin baik dan semakin memuaskan konsumen.
Tulisan ulang dari blog : http://blackcat160.wordpress.com
Title : Pengalaman Konsumen SBM tentang Fast Response Bengkel
Description : Berawal dari perasaan yang tidak tenang akibat suara aneh dari mesin Yamaha Soul GT saya, maka saya tanggal 2 Juli 2012 segera kirim email k...
Description : Berawal dari perasaan yang tidak tenang akibat suara aneh dari mesin Yamaha Soul GT saya, maka saya tanggal 2 Juli 2012 segera kirim email k...
http://www.kompas.com/suratpembaca/read/40269
ReplyDelete